Langsung ke konten utama

Sejarah NLP

Sejarah NLP

NLP diformulasikan oleh Dr.Richard Bandler dan Prof. John Grinder di tahun 1970.  Saat itu, keduanya memodel dan memetakan struktur berpikir dan perilaku para praktisi perubahan perilaku yang sukses, di antaranya Goergy Boston, pakar Psyco Cybernetic, Milton Erickson, sang Bapak Hipnosis Modern, Virginia Satir, terapis handal, dan Fritz Perls, praktisi Gestalt.

Keduanya kemudian lebih lanjut memodel tokoh-tokoh sukses di berbagai bidang, untuk mendapatkan model-model struktur internal yang paling bermanfaat untuk bisa dimodel siapapun.  Semua kualitas cemerlang ini dipetakan ke dalam sebuah konsep yang kemudian dinamakan dengan NLP.

Sejak era 1970-an ini NLP telah dikembangkan dan dimodifikasi oleh berbagai praktisinya, dan aplikasinya meluas di berbagai bidang kehidupan. Dunia kemudian mengenal tokoh NLP seperti Robert Dilts, Steve dan Conirae Andreas, Tad James, Antony Robin dan lain-lain.
Bandler kemudian mengembangkan Design Human Enginerring(DHE), Neuro-Hypnotic Repaterning, sedangkan Grinder mengembangkan New Code.

Pada era setelah tahun1980 pemodelan NLP Society berikutnya memunculkan beberapa genre NLP, mulai NLP Academy oleh John Grinder, NAC (Neuro Asociative Conditioning) oleh Antony Robin, NLP University oleh Robert Dilts, NS-NLP Oleh Micael Hall, NF-NLP Oleh Willian Horten, ABNLP, ITANLP, IANLP, NeoNLP Sociaety, ISNLP dan lain-lainnya.

NLP dikenalkan di Indonesia Sekitar era 2000  oleh RH Wiwoho namun  masih dalam sekup di perusahaan, dan semenjak itu berdatangan genre NLP masuk ke Indonesia dengan varian dan investasi yang cukup tinggi.

Sampai kemudian tahun 2010 senior trainer NLP Krisna Murti, Totok PDY, Yan Nurindra berhasil membuat genre simple NLP tanpa mengurangi esensi yang tetap mengacu pada NLP versi awal yaitu Clasic Code, sehingga tahun 2012 berdirilah genre NLP yang punya slogan "Every One Can Learn NLP" diberi nama Neo NLP Society.
Sesuai selogan tersebut kini siapapun bisa belajar NLP, tidak perlu harus berpekan-pekan untuk belajar NLP, tidak harus mengeluarkan investasi yang relatif mahal sampai ratusan juta dan yang penting sesuai dengan bahasa dan kultur rumpun melayu.
Saat ini Neo NLP Society sudah telah Go Internasional dengan ratusan alumni di berbagai belahan dunia.
Buktikan untuk belajar NLP itu simple dan hemat klik disini

Komentar